Yuk Intip Alumni Sukses dari UIN Suska Riau yang Wajib Kamu Tahu
Yuk Intip Alumni Sukses dari UIN Suska Riau yang Wajib Kamu Tahu
Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A., alumnus UIN Suska Riau

Siapa yang tidak mau menjadi orang sukses? Apalagi kalau bisa membanggakan keluarga dan masyarakat? Nah, Quipperian bisa meniti kesuksesan ini dari bangku kuliah.

Ketika kamu memutuskan untuk memilih sebuah jurusan, kamu sudah harus siap menjadi orang yang menggeluti bidang tersebut seumur hidupmu. Dengan menikmati pilihan itu, kamu akan belajar tekun hingga menjadi ahli di bidangmu. Bukan tak mungkin, namamu akan terkenal berkat kecakapan ilmu yang kamu miliki. Almamatermu juga turut bangga menghasilkan lulusan sepertimu.

Begitulah mungkin yang dirasakan tiga tokoh alumni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau ini. Mereka berhasil membuktikan bahwa mereka mampu membesarkan namanya. Sekaligus ikut menambah daftar alumni sukses dari kampusnya. Siapa saja mereka? Simak infonya berikut ini:

Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A.

Punya karir cemerlang saat merantau ke Jawa, ternyata tidak membuatnya lupa bahwa ia juga harus membangun daerahnya sendiri. Hal inilah yang sampai sekarang ia lakukan untuk UIN Suska Riau, kampus yang dulunya menjadi tempat ia menimba ilmu pendidikan Agama Islam pada tahun 1974.

Sekarang, tidak ada yang tidak kenal Profesor Munzir di kampus ini. Tentu saja, karena ia merupakan rektor UIN Suska Riau saat ini. Memiliki pimpinan kampus seperti Profesor Munzir tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga kampus. Apalagi pria ini pernah menempuh pendidikan langsung, mengetahui kelebihan dan kekurangan di kampus, serta mengenal selukk-beluk kampusnya sejak 40 tahun lalu. Jadi, tidak perlu diragukan lagi, Prof. Munzir memiliki kecintaan yang besar kepada almamaternya sendiri.

Prof. Munzir melalui perjalanan panjang dalam karirnya di bidang akademis. Setelah lulus kuliah tahun 1979, Profesor Munzir memutuskan merantau ke Jakarta. Selama di ibukota, ia menjadi dosen di IAIN Syarif Hidayatullah dan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Beberapa tahun setelah itu, tepatnya di tahun 1987, ia memutuskan kembali ke kampungnya sendiri di Riau, Ia berniat membesarkan kampungnya, setelah menyadari kondisi Riau saat itu yang masih banyak tertinggal. Akhirnya hingga saat ini Prof. Munzir tetap bekerja di Riau dan mengabdikan diri di kampus.  

Meski memutuskan kembali ke daerah asal, Prof. Munzir tetap semangat untuk menambah bekal ilmu.

Tahun 1990, ia belajar di IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta untuk melanjutkan studi S2. Tak tanggung-tanggung ia kembali melanjutkan pendidikan doktor di tempat yang sama. Selain di dalam negeri, Guru Besar UIN Suska Riau ini juga pernah mengikuti sandwich program di bidang Islamologi oleh INIS di Universitas Leiden, Belanda. Bertahun-tahun setelah itu Profesor Munzir tidak pernah berhenti mengabdi di kampusnya, hingga menjadi rektor UIN Suska Riau sejak 2014.

Yuk Intip Alumni Sukses dari UIN Suska Riau yang Wajib Kamu Tahu

Prof. Dr. H. Ilyas Husti, M.Ag.

Ada yang mau kuliah S1 hingga S3 dengan beasiswa? Nah, kamu harus belajar dari Profesor Ilyas. Mantan wakil rektor II UIN SUSKA periode 2014 ini bisa menempuh pendidikan tertinggi hinggga menjadi profesor hanya dengan bermodal tekad dan akhlak. Saat ia masuk kuliah di tahun 1981, kampus UIN Suska masih bernama IAIN Suska Riau. Profesor Ilyas memilih jurusan tafsir hadist di Fakultas Ushluhuddin sebagai bidang studinya. Sampai sekarang, ia merupakan guru besar ilmu tafsir hadist di kampus yang sama.

Pengalaman Prof. Ilyas di bidang penelitian tak perlu dipertanyakan lagi. Dia tercatat pernah melakukan studi manajemen pengelolaan perguruan tinggi Universitas Jordania, studi pengelolaan Perpustakaan King Abdul Aziz di Universitas Jeddah, studi manajemen pengelolaan perguruan tinggi di Universitas Madinah dan studi manajemen pengelolaan perguruan tinggi di University of Ankara.

Guru besar ini juga pernah melakukan studi pendalaman keislaman Universitas Abu Nur Suriah, studi pendalaman kajian Quran Hadits Universitas Umm Al-Qura Makkah,  Penelitian konflik kehidupan beragama di Asia Tenggara di Malaysia pada 2015,  Thailand pada 2006 dan Vietnam pada 2011. Beberapa penelitiannya tentang Alquran antara lain, metode pengembangan tahfiz Alquran di Maroko 2012 dan di Bangkok University pada 2015, pengembangan metode pengajaran Quran Hadits di Al-Azhar Mesir serta penelitian kehidupan muslim Shanghai dan Guangzou.

Bukan hanya ahli pada penelitian di bidangnya, selama menjadi Wakil Rektor II UIN Suska Riau, Prof. Ilyas terbukti berhasil mengakselerasi pembangunan gedung di kampus ini. Sebanyak 13 gedung UIN Suska Riau berhasil dirampungkan selama masa jabatannya pada tahun 2005-2008 sehingga berdampak baik dalam peningkatan penerimaan mahasiswa baru. Ternyata, jika kita bersungguh-sungguh dalam berniat kita bisa memperolehnya kan, Quipperian?

Yuk Intip Alumni Sukses dari UIN Suska Riau yang Wajib Kamu Tahu

Drs. Kalayo Hasibuan, MEd-TESOL

Alumni UIN Suska Riau tahun 1987 ini merupakan seorang yang dikenal dengan keuletan dan kerja kerasnya. Setelah pendidikan SMA, ia tidak langsung menjadi mahasiswa seperti lulusan lainnya.  Ia justru memutuskan untuk merantau ke Riau dan menjadi tukang parkir. Baginya saat itu, pendidikan sarjana sebatas mimpi yang hanya bisa dicicipi oleh orang-orang dari kalangan berada. Meskipun begitu, ia bukan tipe orang yang benar-benar tidak ingin mengubah nasib. Ia juga mencoba kursus Bahasa Inggris sembari bekerja menjadi tukang parkir.

Orang-orang di sekitar berpengaruh besar dalam hidupnya saat itu. Banyak yang menyarankan Kalayo untuk mengambil studi di IAIN SUSKA Riau. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya Kalayo Hasibuan memilih jurusan Bahasa Inggris di Fakultas Tadris. Sekarang, Kalayo dapat merasakan hasil jerih payah dan kerja kerasnya di masa muda.

Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan Bahasa di UIN Suska Riau. Kaleyo juga sempat menempuh pendidikan master bisnis administrasi kelas jarak jauh di Amerika dan memperoleh gelar Med-TESOL untuk pendidikan pascasarjana dengan beasiswa ke Austria.

Bagaimana Quipperian? Setelah mengetahui beberapa alumni sukses dari UIN Suska Riau, apakah kamu sanggup menantang dirimu sendiri untuk mengharumkan nama kampus setelah lulus nanti? Kuncinya, tentu kamu harus tekun dan bekerja keras dalam mencapai cita-cita tertinggimu. Selagi kita terus berusaha, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, kan?

Penulis: Tantry Ika Adriati